TUGAS
KEWIRAUSAHAAN
BUSINESS
PLAN
Oleh
BISMI
AFDILLA
1404290149
AGROEKOTEKNOLOGI
3
FAKULTAS
PERTANIAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA
MEDAN
2016
KATA
PENGANTAR
Syukur
alhamdululillah penulis ucapkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan
limpahan Rahmat dan Hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah
KEWIRAUSAHAAN “Organic Restaurant (OR)” guna melengkapi dan memenuhi salah satu
syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Pertanian pada Fakultas Pertanian
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Dalam menyelesaikan makalah ini
penulis banyak mengalami hambatan baik darisegi teknik serta waktu, tenaga
maupun biaya. Namun dengan petunjuk Allah SWT serta bantuan dari teman-teman
penulis dapat menyelesaikan proposal ini sebagai mana mestinya.
Dalam kesempatan
ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1. Ayahanda
dan Ibunda penulis yang telah membesarkan dan mendidik penulis sehingga dapat
seperti ini.
2. Bapak
Muhammad Alqamari, S.P, M.P. sebagai dosen mata kuliah KEWIRAUSAHAAN.
3. Teman
- teman yang selalu memberikan semangat bagi penulis sehingga terselesainya
makalah ini.
Penulis meyadari
makalah ini masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu penulis mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun.
Medan, September 2016
Penulis
I.
PENDAHULUAN
1.1
Nama
dan Alamat Perusahaan
Nama Usaha :
Organic Restaurant (OR)
Alamat
Perusahaan : Jl. PULEI. Kel.
Bagelen. Kec. Padang Hilir. Kota Tebing Tinggi. Prov. Sumatera Utara
1.2
Nama
dan Alamat Pemilik Perusahaan
Nama
Pemilik Perusahaan : BISMI AFDILLA
Alamat
Pemiliik Perusahaan : Jl. PULEI. Kel.
Bagelen. Kec. Padang Hilir. Kota Tebing Tinggi. Prov. Sumatera Utara
1.3
Nama
dan Alamat Penanggung Jawab
Nama Pemilik Perusahaan : BISMI AFDILLA
Alamat Pemiliik
Perusahaan : Jl. PULEI. Kel. Bagelen.
Kec. Padang Hilir. Kota Tebing Tinggi. Prov. Sumatera Utara
1.4
Informasi
Tentang Bisnis
Organic Restaurant (OR) berdiri atas dasar
keprihatinan terhadap masalah kualitas sayur dan bahan pangan dipasaran
dikarenakan penggunaan bahan kimia yang digunakan petani. Organic Restaurant
(OR) didirikan untuk menggantikan pola pikir masyarakat mengenai pentingnya
makanan organik serta menyadarkan petani bahayanya penggunaan bahan kimia yang
berlebih.
Alasan penting
didirikannya perusahaan ini adalah untuk menjamin kesehatan masyarakat.
Belakangan ini banyak ditemukan berbagai macam penyakit yang salah satu factor
penyebabnya adalah bersumber dari makanan. Maka dari itu, dengan adanya
restaurant ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk menjaga kesehatan
mereka.
II.
Rangkuman Eksekutif
Pada saat ini telah banyak produk organik yang dijual di
pasar dengan harga yang menggiurkan. Masyarakat mulai menkonsumsi kembali hasil
pertanian organik. Melihat kondisi tersebut,ada sebuah peluang usaha yaitu
membuat restaurant organik. Sekarang masyarakat mulai tertarik pada hal-hal
yang organik. Keinginan setiap orang untuk hidup sehat dengan menkonsumsi
produk organik dan para petani yang banyak baralih pada pertanian organik dapat
dijadikan sebagai salah satu faktor pendukung memulai usaha. Menkonsumsi yang
organik sudah menjadi suatu tren dalam masyarakat.
Dalam hal pertanian,petani membutuhkan pupuk organik untuk
menciptakan hasil yang organik sesuai keinginan. Semakin tinggi angka konsumsi
produk organik dari masyarakat maka akan semakin banyak petani yang
menghasilkan produk organik. Selain itu usaha Organic Restaurant (OR) ini tidak
membutuhkan banyak keahlian, status pemasarannya yang cukup besar, juga
mendukung kebersihan lingkungan dan kelestarian lingkungan. Oleh sebab itu
menjadi suatu gagasan usaha baru untuk membuat usaha Organic Restaurant (OR) .
Sekaligus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat. Bisnis yang akan saya lakukan
ini dimiliki perorangan dengan sistem modal pribadi.
Menciptakan sebuah usaha pupuk kompos sulit untuk dipasarkan
karena telah banyak pengusaha lain yang membuat hal yang sama. Oleh sebab itu
dengan usaha yang akan dikembangkan ini akan ada product baru yang memanfaatkan
bahan baku organic dan dimasak 100% tidak menggunakan penyedap rasa.
Jenis produk yang dihasilkan adalah berupa makanan dan minuman khas nusantara yang terbuat dari bahan organic . Artinya usaha ini banyak memiliki pesaing sehingga kondisi persaingan dilakukan semaksimal mungkin agar tidak jauh tersaingi oleh pesaing.
Jenis produk yang dihasilkan adalah berupa makanan dan minuman khas nusantara yang terbuat dari bahan organic . Artinya usaha ini banyak memiliki pesaing sehingga kondisi persaingan dilakukan semaksimal mungkin agar tidak jauh tersaingi oleh pesaing.
III. Visi dan Misi
3.1
Visi
dan Misi Wirausahawan
a.
Visi
Menciptakan
sebuah usaha yang unggul dengan kualitas yang terbaik.
b. Misi
Memberikan kualitas yang terbaik.
Memberikan pelayanan yang terbaik
c.
Tujuan perusahaan
Membesarkan
nama perusahaan dengan sarana selalu menciptakan produk yang unggul
Menambah
kemitraan sehingga mensejahterakan banyak orang
Membudayakan
semangat, sikap, prilaku dan kemampuan kewirausahaan di kalangan mahasiswa dan
masyarakat yang mampu di andalkan dan terdepan dalam berwirausaha
3.2
Bidang Perusahaan
Perusahaan ini bergerak pada bidang
kuliner yang menyediakan makanan dan minuman khas nusantara berbahan dasar
organic dan 100% tanpa tambahan penyedap rasa.
3.3
Nilai-nilai
dan prinsip Perusahaan
1.kejujuran dalam usaha
2.memperhatikan kualitas produk mulai dari semua bahan yang
akan dipakai .
3.memberikan pelayanan terbaik pada konsumen.
3.4 Keunikan Perusahaan
Perusahaan ini memiliki keunikan dalam
penyajian makanan dan minumannya yang berasal dari hasil pertanian organic.
Dalam penyajiannya juga masih tradisional misalnya penggunaan alas daun pisang,
penggunaan wadah nasi yang masih tradisional, serta penggunaan wadah minum yang
tebuat dari batok kelapa. Suasana tempat juga di buat tradisional sehingga
nyaman untuk acara keluarga, kantor dan acara lainnya.
3.5 Sumber Keunggulan
Kompetitif
Berbeda
dengan restaurant yang lain, restaurant ini lebih menjaga kesehatan makanan dan
minuman. Sehingga harga dan produk yang kami tawarkan sepadan dan tidak
merugikan konsumen. Selain penggunaan hasil pertanian organic, restaurant ini
juga bebas dari penyedap rasa sehingga mampu dijadikan unggulan restaurant
sehat.
IV.Analisis Industri
1. Faktor internal.
a. Strengths (Kekuatan)
Harga dari makanan dan minuman di Organic
Restaurant (OR) ini cukup murah,
sehingga dapat
terjangkau oleh semua kalangan masyarakat/konsumen.
Makanan
dan minuman di Organic
Restaurant (OR) memiliki cita rasa yang khas tradisional nusantara pada setiap
jenis masakan dan minuman, karna kualitas dan kebersihannya selalu kami utamakan.
Karna Organic Restaurant (OR ) ini mempunyai banyak menu, sehingga konsumen dapat memilih menu yang sesuai dengan selera mereka
masing-masing.
Perlengkapannya
mudah di dapatkan.
b. Weakness (Kelemahan)
Faktor tempat juga sangat mempengaruhi kelancaran usaha
ini, karna apabila tempatnya kurang ramai maka permintaan akan sedikit.
Permintaan dari konsumen biasanya akan menurun, jika
keaadaan cuaca sedang buruk.
Faktor kenaikan dari harga sembako juga dapat mengurangi permintaan dari konsumen.
2. Faktor eksternal
a.
Opportunities (Peluang /
kesempatan)
Melihat banyaknya masyarakat yang membutuhkan tanpa sibuk mengolah sendiri maka Organic
Restaurant (OR) dapat menyajikan menu makanan dan minuman yang sesuai dengan
lidah masyarakat Indonesia.
Sebagian besar restaurant yang ada hanya menawarkan makanan dan minuman tanpa memerhatikan bahan baku dan
bagaimana cara mengolah makanan dan minuman tersebut, maka saya
bermaksud untuk memberikan sesuatu yang baru yaitu tanpa adanya tambahan penyedap rasa. Dengan rasa tersebut masyarakat yang mempunyai
suka mengkonsumsi makanan
dan minuman sehat .
Makanan dan minuman yang ada di Organic Restaurant (OR) ini bisa dinikmati oleh semua usia dari yang
muda sampai yang tua,
maka pasar sasarannya mencakup semua kalangan
masyarakat.
b. Threats (Ancaman)
Melihat dari bnyaknya permintaan masyarakat dalam
mengkonsumsi makanan dan minuman, maka persaingan dalam menjalankan usaha ini
pun cukup banyak. Dan apabila pelayanan
dan kualitas yang kita berikan kepada konsumen kurang memuaskan, maka
konsumenpun akan merasa kecewa, sehingga usaha ini akan terancam bangkrut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kami
dalam menjalankan usaha ini akan selalu memberikan pelayanan dan kualitas
produk yang terbaik kepada semua konsumen kami. Kualitas produk yang baik dan
pelayanan yang terbaik menjadi prioritas utama kami dalam menjalankan usaha
ini.
4.1 Perspektif Masa
Depan Industry
1. Rencana Jangka Pendek
Usaha bisnis Organic Restaurant (OR) yang saya rintis ini bertujuan untuk menambah
pengalaman kerja didalam usaha bisnis bagi kalangan sesama mahasiswa maupun
bagi umum, selain dapat meningkatkan kreativitas, juga dapat dijadikan suatu
usaha yang menjanjikan untuk kehidupan masa depan dan biaya kuliah.
2. Rencana Jangka Menengah
Usaha yang saya rintis ini pastinya akan saya kembangkan demi mewujudkan impian saya, yaitu ingin menjadi seorang pengusaha
muda yang sukses, strategi pasar dan pemasaran menjadi kunci awal untuk
keberlanjutan usaha kami kedepannya. Pelanggan ialah raja, maka dari itu
kepuasan pelanggan menjadi yang utama dari segalanya, karena tanpa pelanggan
belum tentu usaha ini akan bertahan lama. Tidak lupa pula saya rajin melakukan promosi usaha saya, baik dari mulut ke mulut, iklan
radio, media online, dan media yang lainnya.
3. Rencana Jangka Panjang
Setelah berhasil mendapatkan pelanggan, saya akan lebih meningkatkan mutu dan
kualitas dari usaha saya ini, tidak
lupa pula saya membangun
jaringan dengan petani maupun toko penjuan hasil pertanian organic agar saya dapat dengan mudah untuk mendapatkan
bahan baku agar usaha ini tidak mengalami kendala apapun dalam penyediaan bahan
baku.
4.2 Analisis Persaingan
Kompetisi di lapangan sangat ketat.
Banyak pesaing baik langsung (bentuk dan fungsi sama) yang menjual produk
makanan dan minuman dengan harga yang murah tanpa memperhatikan nilai gizi
makanan dan minuman tersebut. Sehingga kompetisi yang ada sangatlah besar.
Untuk berkompetisi, potensi yang
dimiliki usaha saya cukup meyakinkan konsumen atau masyarakat. Karena usaha
yang saya ciptakan memandang segi kesehatan dan konsumen tidak merasa dirugikan. Sehingga
posisi usaha ini dalam persaingan cukup berkompeten,lebih baik dari usaha yang
lain.
Persaingan
yang ketat sangat diperlukan sebuah strategi . strategi yang dapat dilakukan
diantaranya adalah meyakinkan konsumen terhadap produk dengan cara mengajak
beberapa konsumen turut bergabung atau melihat proses pembuatan produk. Tiap
kurun waktu tertentu akan dilakukan wawancara secara tidak langsung kepada
konsumen yang mengalami keluhan terhadap produk.
Tiap usaha
yang ada memiliki kelemahan. Adapun kelemahan dari usaha ini adalah :
1.
Tenaga kerja yang ada masih minim
2.
Sistem manajemennya hanya dikendalikan oleh satu orang sehingga kurang memiliki
pondasi usaha yang kokoh
3.
Masih sulit untuk menemukan petani dengan menggunakan system pertanian organic.
4.3 Segmentasi Pasar
Pada dasarnya segmentasi dari produk ini adalah semuakalangan
meliputi masyarakat umum,
perkantoran, siswa, mahasiswa dan lain-lain.
4.4 Ramalan-Ramalan Produk Yang Dihasilkan
Organic Restaurant (OR) yang
bergerak pada bidang kuliner akan menciptakan makanan dan minuman tradisional
seperti pecal, mie pecal, rujak, ikan arsik, mie aceh, tekwan khas Palembang,
dan masih banyak lagi. Untuk minumannya, Organic Restaurant (OR) akan
menyajikan minuman es dawet, wedang jahe, bajigur, es sarang burung, es
selendang mayang dan lainnya. Dalam penyajiannya, Organic Restaurant (OR) akan
menyajikan makanan dengan sesuatu yang unik, misalnya untuk makanan digunakan
keranjang bamboo untuk piring yang dilapisi daun. Untuk makanan berkuah dan
minuman disajikan dengan mangkuk terbuat dari batok kelap
V. Deskripsi Usaha
5.1 Produk Yang
Dihasilkan
Produk
yang dihasilkan adalah:
Pecal
Rujak
Ikan
arsik
Mie
aceh
Tekwan
Wedang
jahe
Es
sarang burung dll
5.2 Jasa Pelayanan
pelayanan
dalam usaha ini akan dijamin memuaskankonsumen yai!u dengan pelayan
yang ramah dan
cepat. Restaurant ini menyediakan cathering untuk berbagai acara dan juga perayaan ulangtahun. Selain itu fasilitas yan$ disediakan meliputi jaringan wifi dll.
5.3 Ruang Lingkup Bisnis
Perusahaan
ini dalam ruang lingkup makanan
5.4 Personalia dan Perlengkapan Kantor
Pengelolaan usaha hanya melibatkan 13 orang ,yaitu :
1. 1 orang sebagai menciptakan produk
2. 1 orang sebagai mengatur keuangan
3. 1 orang sebagai promotion (pemasaran).
4. 10 orang karyawan
Tiap peran yang ada di atas
masing-masing nya telah diberi tugas/ kewajiban sesuai dengan bidangnya atau
keahlian yang dimilikinya.
Jika usaha telah menunjukkan perkembangan yang
baik dan pesat akan dibutuhkan karyawan yang lebih banyak.
5.5 Latar Belakang Identitas Pengusaha
Nama :
BISMI AFDILLA
Tempat, Tanggal Lahir :
Tebing Tinggi, 16 September 1996
Agama : Islam
Alamat
Rumah : Jl. PULEI. Kel.
Bagelen. Kec. Padang Hilir. Kota Tebing
Tinggi. Prov. Sumatera Utara
Alamat
Tempat Usaha : Jl. PULEI. Kel. Bagelen. Kec.
Padang Hilir. Kota Tebing Tinggi. Prov. Sumatera Utara
Pendidikan
Terakhir :
S1
Pelatihan yang telah diikuti : -
Pengalaman
: -
VI. Rencana
Produksi/Operasional
6.1 Pemilihan
Lokasi (Plan Location)
Tempat usaha yang saya rintis ialah daerah yang ramai
dilalui orang namun diciptakan suasana yang asri, agar konsumen dapat dengan mudah mengakses tempat usaha saya dan
menyukai tampilan tempat usaha saya.
6.2 Rencana Tata
Letak (Layout) Termasuk IMB,Amdal dll.
Perencanaan tata letak restaurant ini adalah sebuah
banguanan dan taman dengan
luas 200
6.3 Proses
Produksi
Proses produksi menggunakan berbagai alat masak
dalam mengelola makanan dan minuman. Proses ini dibagi mulai berdasarkan
jenis masakan yang akan diolah.
6.4 Keadaan Gedung dan
Perlengkapannya
Restaurant ini memiliki 16 meja. Dengan rician 6
meja dengan 4 kursi, 4 meja dengan 6 kursi
dan 6 meja dengan 2 kursi. Design wall dengan corak kayu dan lukisan
panoramo yang senada dengan
design wall.
6.5 Keadaan Mesin dan
Perlengkapannya
Restaurant
ini hanya menggunakan alat masak yang sewajarnya dan menggunakan oven, kulkas,
dan perlengkapan masak lain.
6.6 Sumber-Sumber Bahan
Baku
Untuk
bahan baku diperoleh langsung dari lahan sendiri dan juga diperoleh dari petani
yang menerapkan system pertanian organik
6.7
Evaluasi Tentang Kelemahan Bisnis
Restaurant ini memiliki kelemahan dalam pemerolehan
bahan baku karena sulitnya didapati petani yang menerapkan system organic.
Jikalau ada, harga penjualan cukup tinggi berbeda dengan sayur biasa.
6.8
Gambaran Teknologi
Alat-alat yang digunakan di restaurant ini sesuai
dengan SNI dan dijamin keselamatannya
VII.Perencanaan
Keuangan
7.1
Sumber dan Penggunaan Modal
Untuk
modal, saya menggunakan modal sendiri untuk membangun usaha ini
7.2
Laporan Keuangan ( Proyeksi L/R.Cash Flow,Neraca)
7.3
Analisis Titik Impas
Analisis titik
impas meliputi biaya tetap dan biaya variabel.
1.Biaya tetap adalah
biaya yang secara total tidak mengalami perubahan, walaupun ada
perubahan volume produksi atau penjualan
(dalam batas tertentu). Contoh biaya tetap adalah
seperti gaji, penyusutan aktifa tetap, bunga, sewa
atau biaya kantor dan biaya tetaplainnya.
2.Biaya variabel
adalah biaya yang secara
total berubah-ubah sesuai dengan volume produksi atau penjualan. contoh biaya
variable adalah biaya bahan baku, upah buruh
langsung, dan komisi penjualan
biaya variabel lainnya.
7.4
Rasio Keuangan Untuk Mengetahui Kinerja
Analisis laporan keuangan akan memberikan
penilaian atas dasar data dan informasi
yang diperoleh dan laporan keuangan, yang ditunjukan dalam bentuk rasio Pada dasarnya angka-angka
rasio ini dapat dikelompokkan menjadi dua
golongan, yaitu:
a.Berdasarkan sumber data yang digunakan, rasio tersebut
dibedakan menjadi: 1) Rasio –rasio neraca, yaitu rasio yang disusun dari data
yang berasal dari neraca. Misalnya current ratio, quick ratio dan cash ratio,
2) Rasio-rasio laporan laba rugi, yaitu rasio yang disusun dari data yang
berasal dari laporan rugi laba, 3) Rasio-rasio antar laporan -rasio atau
presentase keuangan, yaitu rasio-rasio yang disusun dari data yang berasal dari
neraca dan laporan laba rugi.
b.Berdasarkan
tujuan analisis, yaitu untuk mengevaluasi keadaan ekonomi suatu perusahaan,
analisis rasio-
rasio
VII.
Apendix
Mengenai surat - surat dan daftar harga dan denah
lokasi dilampirkan
8.1
Surat-Surat
8.2
Data Penelitian Pasar
8.3
Surat-Surat Kontrak dan Dokumen Perjanjian Lainnya
8.4
Daftar Harga Dari Pemasok Barang
IX. PENUTUP
Demikianlah makalah bisnis ini saya
buat. Semoga makalah ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tidak lupa saya mengucap syukur kepada Allah SWT karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya
saya dapat menyelesaikan makalah bisnis ini. Dan tidak lupa pula saya ucapkan
terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan
makalah ini.
Semoga makalah ini dapat diterima oleh semua pihak karena makalah ini merupakan tahap awal saya dalam memulai usaha ini .
Semoga makalah ini dapat diterima oleh semua pihak karena makalah ini merupakan tahap awal saya dalam memulai usaha ini .
Dengan selesainya makalah bisnis
ini, saya berharap dapat segera memulai
bisnis yang saya rencanakan ini. Segala saran dan kritik yang membangun
sangatlah saya harapkan dari semua pihak, karena saya menyadari bahwa makalah
saya masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat
menjadi acuan atau pelajaran bagi saya
untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan
perhatiannya saya mengucapkan terima kasih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar